navigasi

Kamis, Oktober 30, 2008

KNKT: Cessna Mendarat di Tol adalah Insiden Serius

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengkategorikan, pendaratan darurat pesawat Cessna sebagai insiden serius.

"Kejadian itu adalah insiden serius dan wajib dilakukan investigasi oleh KNKT," kata Ketua KNKT, Tatang Kurniadi, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Pesawat Cessna dengan nomor penerbangan C-172 dan register PK-SDQ dengan tiga penumpang, Rabu (29/10) sekitar pukul 08.15 WIB mendarat darurat di tol Cikampek Km 71.400.

Lokasi pendaratan tepatnya dari arah Jakarta menuju Cikampek, di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

Tiga penumpang pesawat tersebut adalah instruktur Ratu Farha (47) warga Desa Prapen, Tenggilis, Surabaya, Jawa Timur, pilot Edo (18) warga Vila Melati Mas Blok H, Legok, Tangerang, Provinsi Banten, dan Nurul Huda (32) warga Vila Melati Mas Blok H, Legok, Tangerang.

Menurut Tatang, kejadian tersebut tergolong serius karena dugaan penyebabnya adalah matinya mesin dan untungnya, pilot dan kru segera lakukan pendaratan darurat di tol.

"Jika mendarat darurat di sawah, prediksi kami, lebih fatal akibatnya," katanya.

Tatang mengakui, investigasi terhadap peristiwa hanya mengandalkan catatan penerbangan dan saksi-saksi karena pesawat memang tak dilengkapi kotak hitam.

Jika dugaan awal memang berawal dari matinya mesin, maka KNKT akan memberikan rekomendasi utama kepada operator agar melakukan pemeriksaan dan perawatan mesin pesawat secara ganda. "Artinya ceknya berlapis," katanya.

Tatang memperkirakan laporan final peristiwa tersebut akan disampaikan ke publik melalui website KNKT dalam 1-2 bulan lagi.

Terhadap peran pengawasan oleh pemerintah pada pesawat itu, Tatang menegaskan bahwa kondisi perijinan dan persyaratan administrasi lainnya, masih berlaku.

"Keterangan kelaikan pesawat dan lain-lain, masih berlaku hingga April-Maret 2009. Artinya, pengawasan pemerintah jalan," kata Tatang.

Pesawat dalam misi latihan dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Cirebon itu, saat mendarat darurat tidak langsung berhenti, namun sempat menyusuri jalan tol, sepanjang sekira setengah kilometer.

Dugaan sementara, pesawat tersebut secara tiba-tiba kehabisan tenaga (loss power), dan bahan bakarnya masih ada.

Sejak pukul 12.00 WIB, pesawat mulai dievakuasi ke rest area tol Cikampek terdekat. Sempat terjadi kemacetan ketika petugas mengevakuasi pesawat, karena dilakukan dengan cara didorong secara beramai-ramai hingga menutup ruas jalan.

Akibatnya, kendaraan yang melintas di tol Cikampek itu tidak bisa melintas. Informasi yang dihimpun Antara sebelumnya, rencananya pesawat itu tidak bisa langsung dievakuasi ke Jakarta, karena tidak bisa terbang.

Karena itu, hanya bisa dievakuasi sementara di rest area terdekat, yakni rest area ruas tol Cikampek dari arah Cikampek menuju Jakarta. (Ant)

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut